Home » , » CARA MEMBUAT (MEMBIKIN) ROTI TAWAR ENAK, LEZAT

CARA MEMBUAT (MEMBIKIN) ROTI TAWAR ENAK, LEZAT

RESEP PRAKTIS (MUDAH) MAKANAN KHAS ROTI TAWAR GURIH, NIKMAT


Bismillah...

resep praktis (mudah) membuat (mengolah) makanan roti tawar spesial enak, gurih, lezat

Bahan-bahan dasar membuat (membikin) makanan roti tawar spesial :


- Tepung terigu 1 kg (protein tinggi)

- Ragi instan 15 gram

- Telur 2 butir

- Mentega putih 60 gram

- Susu bubuk full cream 20 gram

- Gula pasir 100 gram

- Garam 15 gram

- Air es 470 ml

Cara membuat / mengolah makanan roti tawar spesial :


1. Terlebih dahulu campurkan tepung terigu, ragi instan, susu bubuk serta gula pasir. Aduk rata.

2. Tambahkan telur dan tuangkan air esnya sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni sampai tercampur rata dan menggumpal-nggumpal.

3. Masukkan mentega putih dan garam, uleni kembali hingga menjadi adonan yang kalis dan elastis. Lalu bulatkan adonan, diamkan selama 30 menit.

4. Setelah itu, kempiskan adonan, kemudian bagi adonan masing-masing 500 gram.

5. Bentuk adonan roti tawar menjadi bulat, lalu digilas dan digulung padat memanjang. Letakkan dalam Loyang loaf yang telah diolesi minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit sampai adonan roti tawar mengembang.

6. Olesi bagian atas roti tawar dengan campuran telur dan susu (telur 1 butir, susu segar 2 sendok makan dan garam ½ sendok teh, dikocok lepas)

7. Panggang roti tawar dalam oven selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan permukaannya. Angkat roti tawar dan olesi dengan butter dibagian atasnya. Potong beberapa bagian.

8. Roti tawar siap disajikan.

Demikianlah tips resep makanan Indonesia dari kami tentang bagaimana cara membuat (membikin) dan mengolah (memasak) makanan sederhana dengan cita rasa tinggi yaitu roti tawar special (istimewa) yang enak, gurih, legit, sedap, nikmat dan lezat. Mudah –mudahan tulisan singkat ini dapat menambah perbendaharaan wawasan ilmu pengetahuan bagi anda, khususnya dibidang kuliner (resep makanan dan minuman). Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba. Jangan lewatkan untuk membaca artikel kami lainnya, “Cara Membuat (Membikin) Kue Enting – Enting Kacang Enak, Lezat”. Atau anda bisa membaca artikel kami lainnya, “Resep Praktis (Mudah) Keripik Pisang Manis, Renyah, Enak, Lezat”.
Thanks for reading CARA MEMBUAT (MEMBIKIN) ROTI TAWAR ENAK, LEZAT

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar