Home » , , » RESEP PRAKTIS (MUDAH) OTAK-OTAK BANDENG SPESIAL ENAK (LEZAT)

RESEP PRAKTIS (MUDAH) OTAK-OTAK BANDENG SPESIAL ENAK (LEZAT)

CARA MEMBUAT (MEMASAK) MASAKAN / MAKANAN KHAS OTAK – OTAK BANDENG


Bismillah…

Assalamu’alaikum ibu – ibu dan para remaja putri…
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan penuh semangat. Alhamdulillah kami dari tim www. Cara-memasak-enak.com, berkat rohmat Allah juga diberi anugerah berupa badan sehat dan kesempatan untuk memperbaiki diri, INSYAALLAH.

Akhir – akhir ini, dunia kuliner kita sedang ramai – ramainya membicarakan sebuah masakan yang mulai mewabah di tengah – tengah masyarakat, yaitu masakan atau makanan khas otak – otak bandeng. Sebagaimana anda ketahui, bahwa penghasil ikan bandeng kebanyakan adalah dari daerah pesisir utara, seperti Juwono Pati, Semarang, Kendal, Jepara dan daerah pesisir utara lainnya. Namun makanan yang satu ini, sekarang telah berkembang pesat dihampir setiap wilayah seluruh nusantara. Rasanya yang enak, gurih dan lezat membuat makanan ini semakin digemari oleh masyarakat, bukan Cuma masyarakat dalam negeri, tetapi juga sampai ke manca negara. Makanan khas ini biasa dijadikan sebagai bahan oleh - oleh bagi sebagian orang yang sedang dalam bepergian ke luar kota atau sedang berkunjung ke daerah sentra penghasil bandeng. Nah, pada kesempatan kali ini kami bermaksud menyajikan resep makanan yang spesial ini kepada anda semuanya. Untuk itu, silakan siapkan bahan – bahannya…

Bahan-bahan dasar membuat (memasak) masakan khas otak otak bandeng spesial :


- Ikan bandeng 1 ekor (500 gram)

- Telur ayam 2 butir, kocok

- Santan kental 100 ml

- Kelapa muda parut 8 sendok makan, disangrai lalu dihaluskan

- Daun pisang secukupnya

resep membuat otak - otak bandeng

Bumbu-bumbu makanan khas otak – otak bandeng spesial :


- Bawang merah 7 butir

- Bawang putih 3 siung

- Ketumbar 2 sendok teh

- Kemiri 4 butir, disangrai

- Gula pasir 1 sendok makan

- Lengkuas 3 cm, diparut

- Garam 1 sendok makan

Cara membuat / mengolah otak-otak bandeng spesial yaitu :







1. Terlebih dahulu ikan bandeng dibersihkan sisiknya. Keluarkan isi perut ikan bandeng secara pelan-pelan dengan cara mematahkan sekat insangnya. Dicuci hingga bersih lalu tiriskan. Setelah itu, pukul-pukul badan ikan bandeng tersebut menggunakan kayu supaya daging terlepas dari kulitnya. Kemudian keluarkan duri ikan bandeng dengan cara menekuk tulang ekor kea rah kepala,kemudian tarik durinya pelan-pelan.

2. Keluarkan daging ikan bandeng menggunakan sendok makan secara pelan. Sesudah itu, balikkan kulit ikan bandeng, lalu dibersihkan dan balikkan kembali seperti semula.

3. Daging dan tulang ikan dipisahkan dengan cara digerus menggunakan saringan santan.

4. Daging ikan bandeng dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan serta santan, telur kocok, dan kelapa halus. Aduk sampai semua tercampur rata.

5. Masukkan adonan tersebut ke dalam kulit ikan sampai terisi penuh.

6. Ikat perut ikan bandeng dengan rapat. Lalu lumuri badan ikan dengan sisa adonan.

7. Bungkus ikan bandeng menggunakan daun pisang. Kemudian kukus selama 15 menit. Bisa juga setelah dikukus, otak-otak dibuka bungkusnya lalu dipanggang.

8. Otak-otak bandeng siap dihidangkan.

Demikianlah tips dari kami tentang bagaimana cara membuat (membikin) masakan / makanan khas otak – otak bandeng spesial yang enak dan lezat. Semoga tulisan ini bisa menambah cakrawala anda dibidang kuliner. Selamat mencoba. Silakan baca artikel kami lainnya “Resep Praktis (Mudah) Membuat Sup Jagung Ayam Manis Spesial Enak (Lezat)”. Atau baca juga artikel kami lainnya “Resep Praktis (Mudah) Masakan Tongseng Daging Kambing”.
Thanks for reading RESEP PRAKTIS (MUDAH) OTAK-OTAK BANDENG SPESIAL ENAK (LEZAT)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar